Senin, 17 Desember 2012

7 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat jeruk nipis memang sangat baik untuk kesehatan. Jika Anda belum mengetahuinya secara lengkap singkap sampai habis ulasannya dibawah ini. Namun sebelumnya perlu Anda ketahui Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) ini sangatlah populer dinegeri manca negara, termasuk Belanda dan Amerika Serikat sejak zaman dulu.

Jeruk Nipis tidak hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, Namun  akar, daun, dan bunga jeruk nipis juga sangat mujarab untuk dijadikan obat alami untuk beberapa penyakit. Jadi tidak terbayangkan begitu banyak manfaat yang bisa ambil dari jeruk nipis. Asalkan Kita tau cara memanfaatkannya secara tepat. Untuk lebih jelasnya simak tiap baris artikel dibawah ini tentang manfaat Jeruk Nipis dibawah ini yang dikutip dari Kompas.com

Manfaat Jeruk Nipis


Kandungan buah jeruk nipis (didalamnnya beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh) antara lain : 
  • asam sitrun, 
  • glukosa, 
  • lemak, 
  • minyak atsiri, 
  • vitamin C, 
  • kalsium, 
  • fosfor, 
  • belerang, 
  • dan asam amino.
Supaya kita mendapatkan manfaat jeruk nipis secara maksimal dan benar, perhatikan dengan seksama manfaat jeruk nipis sebagai herbal yang membantu penyembuhan penyakit serta cara yang benar mengkonsumsinya di bawah ini :

1. Ambeien
Caranya : Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis lalu dicuci sampai bersih,  direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Minum selagi  hangat 3 kali sehari.

2. Amandel
Caranya : Siapkan kulit 3 jeruk nipis yang sudah dicuci, potong kecil-kecil, kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, angkat lalu saring airnya. Gunakan air untuk berkumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan
Caranya : Ambil 2 jeruk nipis cuci sampai bersih, lalu diperas diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk sampai gula batunya menyau dengan air jeruk dan air panas, Kemudian minum selagi hangat, habiskan sekaligus setiap sehari sekali.

4.  Batuk
Caranya : Ambil 1 jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu diraring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh. semoga berhasil.

5. Batuk disertai Influenza
Caranya : Potong  1 buah jeruk nipis yang sudah masak dan mengandung air yang banyak, lalu peras. Tambahkan  60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum  2 kali sehari 2 sendok makan. Dan minum selagi hangat.

6. Bau Badan
Cara 1: Oleskanlah pada ketiak Anda setelah mandi, ramuan dibawah ini : Ambil sebuah jeruk nipis lalu potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis namun merata. Setelah dioleskan pada ketiak kemudian biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukanse tiap pagi dan sore.
Cara 2: Ambil 10 helai daun muda jeruk nipis lalu ditumbuk sampai halus, dilumatkan, bentuk kecil-kecil seperti pil, lalu makan 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

Jeruk Nipis mempunyai banyak kelebihan dan manfaat yang lebih dibandingkan dengan jeruk-jeruk lainnya. Makanya tidak heran jika banyak perusahaan besar yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan obat-obatannya. Semoga manfaat jeruk nipis diatas bisa memberikan semangat untuk anda untuk terus back to nature.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar