Senin, 17 Desember 2012

5 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Kita

Manfaat temulawak sangat baik untuk kesehatan kita. Temulawak merupakan salah satu tanaman herbal atau yagn sering disebut dengan tanaman apotik hidup. Temulawak bukan bertemu dengan pelawak, namun nama dari tanaman yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorhiza roxb, tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dan merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Jadi tidak susah bagi kita untuk mendapatkan tanaman ini.

Manfaat Temulawak

 
Seperti yang dikutip dari blog Seputar Wanita Sehat, temulawak sangat bagus untuk kesehatan kita. Sehingga kita dapat mengkonsumsi temulawak sebagai minuman sehari-hari. Langsung saja berikut ini beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan.

  • Menambah nafsu makan,Efek minyak atsirinya yang bersifat karminativum, bisa menambah nafsu makan. Caranya : ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan minum.
  • Perbaiki fungsi pencernaan,Serbuk rimpang dapat meningkatkan aktivitas dalam cairan lambung sehingga membantu metabolisme dan mengurangi kontraksi usus halus.
  • Mengurangi radang sendi, Kandungan Kurkumin berfungsi sebagai antiradang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang dapat mengurangi nyeri dan radang sendi.
  • Menurunkan lemak darah, Ekstrak temulawaj dan fraksi kurkuminoidnya dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Komponen yang diduga berperan dalam menurunkan lemak darah adalah kurkuminoid.
  • Antioksidan dan membantu pemeliharaan kesehatan. Kurkumin pada temulawak berguna sebagai antioksidan karena mampu menangkap radikal-radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan.
Jadi tidak ada salahnya untuk Anda mulai mencoba mengkonsumsi temulawak agar bisa mendapatkan manfaat temulawak secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar